Tuesday 3 June 2014

Homemade Food for Healthy Kids

Ketika Biby akan memasuki fase MPASI, saya mulai sibuk googling dan hunting buku-buku resep makanan sehat bayi. Saya juga belajar mengenai MPASI dari grup FB Homemade Healthy Baby Food. Disini para anggota saling berbagi pengalaman membuat dan menyajikan makanan sehat untuk buah hati tercinta. MPASI pertama yang saya berikan kepada Biby dulu adalah pure avocado. Cukup diblender sebentar dengan ditambah satu sendok air matang. It’s very quick serving! Selain tidak ribet, juga kualitasnya terjamin karena kita yang mengolah sendiri.

Saya prihatin melihat anak-anak yang dibiarkan mengkonsumsi makanan yang jelas-jelas mengandung MSG, pemanis, pengawet, dan kawan-kawannya itu. Saya sendiri tidak bisa mengontrol langsung apa yang Biby makan saat saya tinggal kerja. Oleh karena itu, homemade food menjadi pilihannya. Setelah siap bisa simpan di lemari es, dan tinggal ambil ketika dibutuhkan.

Alhamdulillah, Biby tipe anak yang tidak milih-milih makanan. Saya jadi tidak bingung menentukan menu. Kalau lagi malas masak-masak buat camilan, ubi atau labu kukus sajalah, dia pasti doyan. Pokoknya apapun yang dihidangkan di rumah, Biby pasti suka. Sejak mulai MPASI sampai sekarang usianya 21 bulan, hanya satu jenis makanan yang dia tidak cocok, yaitu kacang hijau. Waktu saya buatin bubur kacang hijau dia sih melahapnya habis, tapi ternyata efek setelah makan biasanya diare. Setelah itu, saya stop membuat makanan berbahan kacang hijau.

Disaat bingung mau masak apa buat si kecil, buku resep menu bayi yang akan menemani saya di dapur. These are two of my most favorites …


Buku ini berisi menu bayi mulai usia 6 – 12 bulan. Disajikan sesuai tahapan makanan bayi yang tepat. Diawali resep aneka pure buah dan sayur, bubur, nasi tim, juga finger food.


Yang satu ini recommended banget buat para bunda yang peduli dengan menu terbaik bagi anak-anaknya. Ditulis oleh konsultan gizi dan masak sehat alami, Wied Harry Apriadji. Berisi lebih dari 130 menu yang penuh gizi untuk bayi dari usia 1 – 5 tahun yang disajikan dalam paket menu harian selama 30 hari. Terdiri dari menu makan pagi, siang, malam, juga camilan pagi dan sore. Pas sekali menjadi solusi bagi balita yang susah makan atau menolak makan sayur. 

No comments:

Post a Comment