Friday 26 September 2014

Wisata Segara Indah Dalegan, Gresik


Bicara soal destinasi wisata, Gresik selama ini hanya identik dengan wisata ziarah walinya. Sebut saja makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Namun di kalangan masyarakat Gresik dan sekitarnya wisata pantai pasir putih Dalegan sudah cukup terkenal dengan kealamian pantai yang tidak kalah dengan wisata pantai lainnya.

Wisata Segara Indah Dalegan (WISID) atau yang lebih dikenal dengan pantai Dalegan merupakan destinasi wisata pantai kedua yang bisa ditemukan setelah pantai Kenjeran di sekitar wilayah Surabaya. Pantai yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari kota Gresik ini memiliki pesona pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Bagian pasir putihnya yang luas menjadi area bermain yang cocok untuk bermacam aktifitas seperti membangun istana pasir, bercengkrama bersama keluarga di atas tikar, atau sekedar
leyeh-leyeh menikmati suasana pantai. 

Riak ombak yang relatif kecil dan bersahabat, ditambah dasar pantai yang sangat lembut, membuat aktifitas berenang para wisatawan lebih aman. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang asyik mengapung di permukaan air dengan menggunakan ban pelampung. Bergeser sedikit ke arah timur pantai, terdapat beberapa batu karang yang berdiri gagah dan cukup menarik untuk obyek foto. 



Lokasi dan Cara Menuju ke WISID

Tidak sulit untuk mencapai lokasi pantai ini. Berada di perbatasan Gresik - Lamongan. Jalur ini biasa dilewati wisatawan yang hendak menuju Wisata Bahari Lamongan (WBL) atau wisatawan yang suka berwisata religi ke Sunan Drajat di Lamongan atau Sunan Bonang di Tuban. Lokasi tepatnya di desa Dalegan kecamatan Panceng kabupaten Gresik. Akses paling mudah bila berangkat dari Surabaya adalah melalui tol Surabaya - Gresik. Setelah keluar dari gerbang tol Manyar Gresik, langsung belok kiri menuju arah Lamongan. 

Setelah melewati desa Sidayu dan menyusuri area hutan jati, akan terlihat papan penunjuk jalan ke lokasi pantai. Belok kanan mengikuti petunjuk arah. Jarak lokasi pantai dari belokan ini hanya sekitar 1 kilometer. Kira-kira 10 menit setelah melewati area persawahan dan pemukiman warga, akan tampak gapura pintu masuk ke area pantai Dalegan. Setelah melewati pos retribusi, wisatawan akan disambut hamparan pasir putih yang indah.

Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Dalegan buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk terbilang sangat murah. Hanya dengan membayar Rp.15.000 untuk dua orang, wisatawan bisa mengeksplorasi keindahan pantai pasir putih ini hingga senja tiba. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir motor.

Fasilitas di WISID

Fasilitas di pantai ini cukup memadai. Selain tempat parkir yang luas, disini juga tersedia fasilitas kamar mandi untuk memudahkan wisatawan yang ingin mandi bilas setelah berenang. Di sepanjang jalan menuju pantai banyak berdiri stan makanan, minuman, dan cinderamata yang bisa menjadi oleh-oleh khas dari pantai Dalegan. Fasilitas yang paling penting bagi wisatawan muslim adalah tersedianya mushola yang cukup luas di dekat tempat parkir. 

Jika ingin mencoba wahana permainan air, di pantai ini menyediakan swan boat, kano, dan banana boat dengan membayar biaya sewa yang tidak terlalu mahal. Bagi yang suka tantangan, pengelola pantai juga menyediakan permainan flying fox. Selain itu, beberapa perahu nelayan juga selalu siap mengantarkan wisatawan yang ingin berkeliling hingga ke tengah laut dengan biaya Rp. 15.000 per orang. Jika datang berombongan dan pandai menawar, wisatawan bisa mendapatkan biaya sewa yang lebih murah dari harga yang ditawarkan.

Buat saya pribadi, momen yang tidak akan saya lupakan di pantai Delegan adalah ketika berada di atas perahu nelayan meninggalkan pinggir pantai menuju tengah laut. Kehadiran beberapa ekor hiu tutul yang melintas perlahan di dekat perahu, berhasil membuat saya kagum campur deg-degan. Sempat terlintas adegan-adegan film dimana ikan yang berukuran luar biasa besar ini akan menggulingkan perahu, atau ikan tersebut menerkam perahu dan isinya. Tapi adegan itu tidak akan terjadi pastinya. Hiu-hiu tutul disini terlihat sudah jinak dan tidak berbahaya bagi wisatawan.

Tidak lengkap rasanya jika sudah berada di pantai Dalegan tapi belum mencoba es dawet siwalan. Kuliner khas pantai Dalegan ini bisa ditemukan di beberapa stan yang berjajar di pinggir pantai. Perpaduan gula aren, santan, dan buah siwalan dengan es batu rasanya begitu segar di cuaca pantai yang lumayan panas. 

Sedang mencari tempat untuk menghilangkan kepenatan? pantai pasir putih Dalegan bisa menjadi alternatif sarana refreshing yang menarik. Keindahan pantai yang masih alami dan harga tiket yang sangat terjangkau menjadi alasan utama banyaknya wisatawan yang mengunjungi pantai ini.

Happy travelling ...

Tulisan ini diikutsertakan dalam event Giveaway #WisataNusantara Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis

No comments:

Post a Comment