Saturday 15 November 2014

Sunflower dari Tutup Botol


5 bulan terakhir ini, saya baru sadar kalau hobi saya bertambah satu lagi yaitu gemar mengumpulkan sampah alias barang-barang yang tidak terpakai lagi. Ada beberapa toples kaca, botol bekas shampoo dan handbody, juga beberapa box snack. Mau dibuat apa sampah-sampah itu? Sayapun masih bingung. Saya yakin aja suatu saat pasti bisa disulap menjadi “sesuatu”.

Sesuatu seperti apakah itu? Salah satunya bisa seperti boneka Yamut atau seperti di postingan sebelumnya, saya sudah bagikan salah satu cara memanfaatkan sampah menjadi sebuah craft yang unik. Dari sampah tutup botol berubah menjadi hiasan magnet kulkas yang imut. Sudah dicoba di rumah belum?



Nah, DIY craft kali ini masih menggunakan tutup botol minuman. Bedanya, kemarin kita menggunakan tutup botol krempyeng, sekarang kita menggunakan tutup botol plastik dari kemasan air mineral. Bahannya makin mudah ditemukan di rumah kan?
Mau kita apakan tutup botol plastik ini? SUNFLOWER! Tutup botol ini yang akan kita pakai untuk putik bunga. Sedangkan untuk mahkota bunganya menggunakan kombinasi kain flanel. Tidak sulit kok membuatnya.  Let’s start it …

Siapkan bahan-bahan dan peralatannya:
  1. Tutup botol plastik
  2. Kain flanel (kuning, coklat tua dan hijau)
  3. Tusuk sate
  4. Kertas krep hijau / floral tape 
  5. Lem tembak
  6. Lem kertas
  7. Gunting
sorry, kertas krep belum sempat difoto

How to make it ...

Putik Bunga
Untuk membuat putik sunflower, kita harus melapisi tutup botol dengan kain flanel coklat tua. Langkah pertama, gunting kain flanel berbentuk lingkaran sesuai ukuran tutup botol. Dan untuk bagian pinggirnya, gunting kain flanel memanjang dengan ukuran kira-kira 1 X 11 cm.

Kemudian, rekatkan lapisan kain flanel tersebut dengan lem tembak. Setelah itu, jahit dengan menggunakan tusuk feston agar terlihat lebih rapi.


Mahkota Bunga
Setelah putik bunga siap, buatlah beberapa helai daun untuk mahkota bunga dari kain flanel kuning. Disini saya membuat sebanyak 12 dan 14 helai (hasilnya lebih bagus yang 12 helai). Kalau ingin membuat mahkota bunga yang lebih besar, berarti membutuhkan helai yang lebih lebar dan jumlahnya otomatis lebih sedikit ya…

Selanjutnya, beri sedikit lem tembak pada bagian bawah daun mahkota dan tekan hingga membentuk sedikit lekukan. Tempelkan satu persatu helai daun mahkota di sekeliling putik yang sudah dibuat sebelumnya. Sudah terlihat kan cantiknya sunflower dari tutup botol tadi? Tapi masih ada tahap akhir nih, yuk kita selesaikan!


Finishing
Jika hasil bunga tersebut kita balik, maka akan terlihat lubang tutup botol. Untuk menutupinya, siapkan kain flannel hijau dan gunting lingkaran dengan tepi zig zag sebagai kelopak bunga.
(optional) Bisa juga menambahkan sisa-sisa potongan kain flanel -yang terlebih dahulu digunting kecil-kecil- ke dalam bagian bawah tutup botol. Tujuannya agar ketika ditekan tidak amblas.

Tempelkan kelopak bunga yang sebelumnya telah diberi sedikit lubang tepat di bagian tengah. Untuk tangkai bunganya, tancapkan perlahan tusuk sate di lubang kelopak bunga tersebut.

Lapisi seluruh bagian tusuk sate dengan lem kertas sebelum melilitkan kertas krep hijau, atau jika ada bisa memakai floral tape (sejenis isolasi kertas berwarna hijau tua). Terakhir tempelkan daun-daun di tangkai bunga dengan lem tembak.



Bagaimana, cukup mudah kan membuatnya? Siapa sangka bunga yang cantik ini berasal dari sampah tutup botol. Meja ruang tamu di rumah pasti tampak semakin manis ditemani bottle cap sunflower ini.

Happy Crafting …

2 comments:

  1. keren dan kreatif mak, bisa dicoba ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak... monggo dicoba dan bisa dishare disini hasilnya ;)

      Delete