Saturday 21 February 2015

DIY Blossom Rose Felt




Saya baru sadar ternyata di bulan Februari ini saya lebih sering bermain dengan kain flanel atau felt. Dan hampir semua crafting yang saya coba dengan bahan kain flanel hasilnya tidak pernah mengecewakan. Bisa dilihat di tutorial sebelumnya saya membuat pembatas buku dengan toping buah dan floral bros yang cantik.

Hal ini karena kelebihan kain flanel yang mudah dibentuk dengan pilihan warna yang sangat beragam. Apalagi pada proses penjahitan, tidak perlu dilipat seperti kain yang lain. I heart felting. I make it and I love it …

Sekarang saya kembali berbagi tutorial cara membuat bunga mawar dari flanel. Berita baiknya adalah bunga mawar ini saya buat TANPA DIJAHIT. Sama sekali tidak membutuhkan skill menjahit. Jadi untuk para pemula yang ingin mencoba, tak perlu khawatir karena kali ini saya membuat yang lebih simpel. 


Rose felt ini tidak hanya bisa dipakai untuk bros. Cocok juga diaplikasikan untuk jepit rambut, bando, atau asesoris lainnya.

Pertama, gambar pola pada kain flanel, lalu gunting mengikuti pola tersebut. Pola bunga mawar ini bisa download di howjoyful.com


Untuk kelopak mawar, berikan sedikit lem tembak pada guntingan berbentuk segitiga kecil di bagian bawah kain. 


Gabungkan kedua sisinya dan tekan perlahan. Biarkan mengering. Lanjutkan pemberian lem tembak pada guntingan segitiga berikutnya.

Hasilnya akan tampak seperti ini. 


Lakukan hal yang sama pada pola bagian tengah bunga mawar. Setelah itu, gulung hingga membentuk kuncup kecil. Jangan lupa tambahkan lem pada ujung gulungan.



Terakhir, satukan antara kuncup tengah dan kelopak mawar dengan lem tembak.
Lakukan dengan hati-hati sambil merapikan tiap bagian kelopak agar tertata dengan baik. 


Happy felting ...

3 comments: