Monday 27 April 2015

Tutorial: Super Easy Felt Flower

 

Nasib crafting projects saya pada bulan April ini masih terdiam manis di daftar list. Belum terjamah, menunggu dieksekusi. Begitu pula nasib blog ini yang tak terjamah cukup lama. I’m really sorry karena baru bisa menulis lagi di detik-detik terakhir bulan ini. Targetnya sih minimal ada 4 postingan tiap bulan, tapi yah masih kacau semangatnya! belum bisa konsisten. Maluuu pisan sama emak-emak blogger lain yang super sibuk tapi tetep rajin nulis. Kemana saja diriku ini??

Baiklah, skip saja curhatan emak pemalas di atas! Pada postingan kedua ini, saya mau berbagi tutorial picture cara membuat bunga dari kain flanel. It’s very very simple and easy …

Buat apaan nih bunga nantinya? Biasanya emak-emak suka memakainya untuk bros biar tambah cakep tampilannya. Bagi emak yang sayang anak dan hobi dandanin gadis kecilnya, bisa memasangnya di bando atau jepit rambut si kecil. Your little lady will look so… sweet.

Tak sebatas untuk asesoris ya, bunga flannel ini juga tampak cantik nempel di kartu undangan dan juga pencil case. 


If you want to make some, you need:

Kain flanel
Benang dan jarum jahit
Gunting
Kertas karton untuk membuat pola

How to make:

Untuk membuat pola bunga, saya menggunakan gelas untuk membuat sebuah lingkaran. Kemudian, dari lingkaran tadi saya membuat 8 lekukan pada bagian tepinya sehingga membentuk seperti bunga.

Langkah pertama, saya menggunting 4 lembar bentuk bunga, kemudian 1 lembar bentuk lingkaran, dan 2 lembar bentuk daun.


Gabungkan 2 lembar daun pada lembar lingkaran dengan sedikit jahitan.
 

Selanjutnya, lipat bagian lembar bunga menjadi 2 bagian, dan lipat sekali lagi seperti ini



Kalau mau yang lebih praktis, bisa saja menggunakan lem tembak untuk menggantikan sesi menjahit. Tapi disini, saya lebih suka menjahitnya agar hasil bunga bisa tahan lebih lama. Selain itu, bisa tetap aman saat dimasukkan ke mesin cuci.

Letakkan bunga yang sudah dilipat tadi pada bagian seperempat lingkaran, lalu jahit pada ujung lipatan bunga. Lakukan hal yang sama pada lembar bunga yang lain hingga menutupi permukaan lingkaran. 



Pastikan jahitan melewati bagian yang melipat, sehingga bunga tetap dalam posisi sedikit terlipat. Setelah semua selesai dijahit, dengan sendirinya bagian-bagian yang terlipat tadi akan membentuk bunga yang merekah indah.  


Selamat mencoba yak …

5 comments:

  1. Bagus, Mbak. Kelihatannya rapi hasilnya :)

    ReplyDelete
  2. kreatif mbak,hasilnya bagus jahitannya juga rapi.pengen bisa juga bikin bros kek gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget kok mbak. Dicoba deh, pasti juga bagus hasilnya. Thanks ya

      Delete
  3. Kreatif, hasilnya cantik sekali. Aku mau ah buat bando, hihihi :)

    ReplyDelete