Monday 22 December 2014

Daur Ulang Majalah Bekas Menjadi Box Serbaguna


Ahaayy… it’s a long holiday for me, a teacher! Kebetulan liburan kali ini tidak ada agenda ke luar kota. Mumpung lagi libur nih, saatnya bersih-bersih rumah. Bila di sudut rumah ada tumpukan majalah yang sudah lama dan berdebu, jangan buru-buru dibuang atau dibawa ke tukang loak ya…! Majalah usang tersebut bisa lho dimanfaatkan kembali menjadi suatu kerajinan unik dan bermanfaat pastinya. Mendaur ulang majalah bekas ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan bersama keluarga di rumah.

Box Serbaguna
Box unik ini bisa dipakai untuk tempat aksesoris, tempat permen, atau tempat alat tulis. Bahan yang diperlukan juga tidak banyak. Cukup dengan majalah bekas, gunting, lem tembak dan lem kayu. 100 % tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

Untuk membuat box serbaguna ini membutuhkan 100 gulungan kecil. Pada masing-masing sisi memakai 25 gulungan. Memang menghabiskan waktu yang agak lumayan lama untuk mengumpulkan jumlah gulungan kertas yang dibutuhkan. Namun setelah melihat hasilnya, pasti terbayar dengan hasil kreasi daur ulang majalah yang cute dan cantik…


Sebelum mulai membuat kerajinan majalah bekas ini, saran saya pilihlah halaman majalah dengan warna-warna yang mencolok dan colorful. Ini akan mempengaruhi tampilan box ketika sudah tersusun. Gulungan kertas majalah yang colorful akan menampilkan hasil yang lebih menarik.

Cara membuat:


Sobek halaman majalah, lipat memanjang menjadi 6 bagian, lalu potong. Dari potongan tadi, lipat lagi menjadi 4 bagian. Perlahan gulung lipatan kertas hingga membentuk lingkaran. Jangan lupa tambahkan lem pada ujung lipatan agar gulungan kuat dan rapi.

Setelah tahu teknik dasarnya, tahap selanjutnya adalah membuat bagian dasar box. Untuk dasar box, ukuran gulungan dibuat lebih besar dari gulungan untuk bagian sisinya.


1.    Buatlah satu gulungan seperti cara di atas
2.    Kemudian ambil satu setrip lagi (seperti gambar no. 4) dan gulung pada hasil gulungan yang pertama. Beri lem agar menyatu
3.  Lakukan terus dan gulung sampai ukuran lingkarannya sesuai yang diinginkan
4.    Setelah selesai, olesi dengan lem kayu yang sudah dicampur sedikit air pada permukaan dasar box agar lebih stabil dan kuat.

Selanjutnya untuk bagian sisi box, tempelkan gulungan-gulungan kecil pada bagian luar dasar box dengan bantuan lem tembak. Susun perlahan hingga membentuk kotak seperti gambar. Untuk ukuran dan bentuk sebenarnya ada banyak pilihan. Namun, sebagai tahap pemula bentuk persegi seperti ini adalah yang termudah menurut saya. 

Happy crafting...

2 comments:

  1. Mak, agak bingung yg step ketiga. Itu 4 bagiannya digunting, berarti total ada 24 bagian dari 1 lembar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mak, tutorialnya kurang jelas ya? Step ketiga, potongan kertas dilipat menjadi 4 bagian. Dilipat lalu digulung. Tidak digunting. Jadi, 1 halaman dibagi menjadi 6 potongan saja. Semoga lebih jelas ya. Thanks

      Delete