Tuesday 31 March 2015

Buku Halo Balita, Best Baby Book Ever!


Usia balita disebut-sebut sebagai usia golden age, dimana anak-anak mempelajari berbagai hal dengan sangat cepat. Apapun yang mereka lihat dan dengar akan mereka rekam dalam otak dan mereka tiru. Pada masa ini, orang tua harus memberikan stimulasi yang positif secara optimal. Sebagai pendukung, orang tua juga membutuhkan media dalam membentuk kebiasaan-kebiasaan baik yang akan berpengaruh pada masa dewasanya kelak. Saya suka membaca. Maka, media pendukung yang saya pilih adalah buku. Karena selain memperkaya kosakata anak, membacakan buku juga mampu memperkuat bonding antara si ibu dan anak. Aktifitas ini sangat tepat untuk menciptakan quality time bersama si kecil. 

Saat usia Biby 3 bulan, saya membeli buku bantal. Buku bantal yang empuk dilengkapi dengan teether sangat cocok buatnya yang suka menggigit dan memasukkan benda ke mulut. Seiring bertambahnya usia Biby, saya mulai mengenalkan buku yang “sesungguhnya”. Saya mengajaknya ke toko buku dan membiarkannya memilih buku kesukaannya. Buku pertama yang ia pilih bercerita tentang pelangi dan kucing. Tapi mereka hanya bertahan tak sampai sebulan. Halaman-halaman buku tersebut sobek, kusut, dan kemudian hilang entah kemana. Begitu pula nasib buku-buku berikutnya. Memang pada saat itu, saya masih kesulitan menemukan buku berbahan karton yang sesuai harapan.

Saya bersyukur sekali akhirnya dipertemukan dengan buku Halo Balita. Saya membelinya secara online setahun yang lalu. Harganya pada saat itu Rp. 1.900.000 kalau melihat nominal harganya memang lumayan besar ya, tapi dengan satu paket boardbook yang berisi 25 buku cerita dan 1 buku panduan untuk orang tua plus bonus 1 buku besar berbahasa Inggris serta 3 buah boneka tangan, harga tersebut sangatlah wajar. Apalagi mengetahui begitu banyak manfaat dari buku ini buat pekembangan putri kecil saya, sungguh tidak bisa dibandingkan dengan harga berapapun. Saya sudah jatuh cinta dengan Halo Balita sejak pertama kali melihatnya.


9 buku seri Self Help
Pada seri self help ini berisi cerita-cerita yang mengajak anak untuk mempelajari ketrampilan dasar dan membiasakan diri untuk bersikap mandiri. Beberapa contoh judulnya adalah Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri, Aku Bisa Pakai Baju Sendiri, dan Aku Bisa Mandi Sendiri.

11 buku seri Value
Cerita-cerita dalam seri value ini menfokuskan pada penanaman nilai-nilai moral dasar seperti besikap sabar, membuang sampah pada tempatnya, dan sopan santun. Anak menjadi terlatih untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Beberapa contoh judulnya adalah Aku Anak Sabar, Aku Anak Jujur, dan Aku Anak Santun.

5 buku seri Spiritual
Seri spiritual ini membantu anak mengenal nilai-nilai keagamaan dan aktifitas ibadah sehingga pengetahuannya tentang agama menjadi berkembang. Beberapa contoh judulnya adalah Aku Sayang Allah, Aku Bisa Wudhu dan Sholat, dan Aku Cantik Pakai Jilbab. 

bagian buku yang paling disukai Biby, halaman terakhir yang bisa dibuka tutup.

“Ma, ayo baca Saliha!” kalimat itulah yang keluar dari mulut kecilnya setiap kali ia meminta saya untuk membacakan buku Halo Balita favoritnya. Tokoh Sali dan Saliha yang ada di dalam buku ini, seringkali menjadi topik saya saat ngobrol dengan Biby. Beberapa perilaku positifnya yang terbentuk, cukup banyak juga yang dipengaruhi oleh cerita dalam buku Halo Balita. 


Usia Biby sekarang 2y7m. Alhamdulillah ia sudah tahu dimana harus membuang sampah, terbiasa mengucapkan terima kasih setiap kali mendapatkan sesuatu, dan bisa merapikan mainan sendiri. Dan seringkali saat saya mandikan, Biby terus mengatakan “aku bisa mandi sendiri, aku bisa mandi sendiri.” sambil tangannya menggapai-gapai gayung yang saya pegang. 


Yah, membacakan cerita pada anak memang memiliki manfaat yang begitu luar biasa untuk memaksimalkan perkembangan otak anak. Sudahkah si kecil kita bacakan buku hari ini?

2 comments:

  1. bagus bukunya kelihatannya. Kalau saya masih punya balita bakal seneng punya buku ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, isinya bagus banget menurutku. Awet pula, bisa diwariskan buat adik2nya nanti ;)

      Delete